100 Orang Cuci Tangan Bersama

SEMARANG - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menyambut Hari Jadi ke 47 dengan menggelar aksi cuci tangan massal di RS Elisabeth, Semarang, Jumat (17/3). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 100 pasien, penunggu dan perawat.

Acara tersebut bertujuan meningkatkan kesehatan dan memutus bakteri dengan mencuci tangan. Humas RS Elisabeth Semarang, Probowatie Tjondronegoro mengatakan, acara itu untuk memberikan edukasi pentingnya cuci tangan. "Cuci tangan itu penting, maka dari itu HUT ke 43 PPNI kali ini, kami ingin mengedukasi pentingnya cuci tangan, karena dengan mencuci tangan, bisa memutus bakteri, dan meningkatkan kesehatan," ungkapnya.

Probo menjelaskan, tidak hanya pasien dan penunggu yang mengikuti acara tersebut. Seluruh keluarga besar RS Elisabeth dari direktur hingga cleaning service juga ikut berpartisipasi.

"Harapannya dengan ini angka infeksi berkurang karena edukasi tentang cuci tangan kepada masyarakat melalui pasien dan keluarga pasien yang sedang menunggu," imbuhnya.

Suster Rury, salah satu perawat di RS Elisabeth mengatakan, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati hari jadi PPNI. Akan tetapi, masyarakat seringkali menyepelekan pentingnya bercuci tangan dalam kehidupan. "Kegiatan ini dipilih karena masyarakat banyak yang menyepelekan cuci tangan yang baik seperti apa. Pokoknya asal kena air sudah merasa bersih," ungkapnya.

Menurutnya, cuci tangan itu hal krusial dalam menjaga kesehatan. karena semua bakteri letaknya di tangan yang sering digunakan dalam beraktivitas. Dalam kesempatan itu, perawat menyontohkan 6 tahap mencuci tangan yang intinya pada pembersihan sela jari, punggung tangan hingga ujung kuku. (mg26/ric)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar