Perubahan Aturan Bikin Pusing PSIS

SEMARANG – Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 2 atau Divisi Utama yang diikuti PSIS, manajemen tim berjuluk Mahesa Jenar ini masih dipusingkan dengan regulasi. Terutama aturan soal batasan usia pemain.

CEO PT Mahesa Jenar Semarang, AS Sukawijaya mengatakan, dalam rapat Executive Committee (Exco) PSSI di Bogor, Minggu (12/3) lalu,  dibahas beberapa hal terkait kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2. Mulai jadwal kick-off hingga regulasi yang akan digunakan, termasuk aturan usia pemain.

Pembahasan paling krusial kata pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu adalah masalah pembatasan usia pemain senior. “Untuk Liga 2, ada perubahan aturan lagi. Di mana aturan awalnya setiap klub bisa mengambil lima pemain dengan usia di atas 25 tahun. Namun yang terbaru aturan akan diperketat yaitu lima pemain di atas 25 tahun yang maksimal berusia 35 tahun,” kata pria yang juga anggota Exco PSSI itu.

Wacana aturan pembatasan usia tersebut kata Yoyok memang cukup membuat klub-klub sedikit resah. Termasuk PSIS yang sebenarnya saat ini sudah mempunyai kerangka tim. ”Karena saat ini klub-klub sudah masuk ke persiapan akhir mengingat kompetisi akan segera diputar. Padahal ada klub-klub yang sudah mengontrak pemain di atas 35 tahun,” bebernya.

Mengenai jadwal kick-off, Yoyok mengatakan Liga 2 rencananya akan diputar pertengahan atau akhir April 2017 mendatang. ”Liga 1 rencananya akan diputar 15 April. Maka untuk Liga 2 minimal sepekan setelah Liga 1 bisa segera digulirkan,” terangnya.

Sementara saat ini PSIS terus memburu sejumlah nama pemain untuk menambah kekuatan mereka menghadapi kompetisi kasta kedua. Terakhir, manajemen tim berjuluk Mahesa Jenar bakal mendatangkan eks gelandang Madura United, Erik Dwi Ermansyah.

Erik, kata General Manajer (GM) PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto sesuai dengan kebutuhan head coach Subangkit mengingat pemain yang juga diminati Persiba Balikpapan itu bisa turun di pos second striker dan gelandang sayap. “Secara lisan kami sudah ada kesepakatan soal nilai kontrak dengan Erik. Ya mudah-mudahan yang bersangkutan bisa segera bergabung. Kalau bisa sebelum laga tandang lawan Persebaya 19 Maret besok,” ujar Liluk. (bas/smu)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar