Toyota Organic Village Tingkatkan Ekonomi Pedesaan

DEMAK - PT Toyota Astra Motor (TAM) membuat terobosan baru dalam meningkatkan ekonomi pedesaan. Yaitu, dengan menghadirkan Toyota Organic Village di Demak, tepatnya di Desa Mlaten, Kecamatan Mijen. Dengan adanya organic village ini, Toyota berkomitmen melakukan pengembangan desa berbasis pertanian organik.

 

Vice President Director TAM, Henry Tanoto mengatakan, sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond dan Toyota berbagi, program Toyota Organic Village diharapkan dapat memainkan peran dalam pemberdayaan komunitas masyarakat petani dengan keunggulan lokal yang dimiliki. “Terciptanya pola pertanian ramah lingkungan akan berdampak terhadap kualitas lingkungan sekitar dengan baik. Dengan begitu, mampu mewujudkan masyarakat petani dengan pola agribisnis berkelanjutan untuk taraf hidup yang terus meningkat,” katanya.

 

Henry menambahkan, program yang melibatkan peran serta pemerintah Provinsi Jateng dan yayasan yang berpengalaman tidak hanya bermanfaat bagi petani di Desa Mlaten saja. Namun, ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya. Di Desa Mlaten ini, pengembangan organic village didukung adanya sarana prasarana memadai. Selain mesin penggiling padi (ricemill), juga ada pabrik komposting. Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono menyambut baik program organic village Toyota Astra tersebut. “Ini merupakan langkah nyata untuk membantu petani meningkatkan kesejahteraannya,” ujar dia.

 

Menurutnya, peran Toyota sangat nyata utamanya dalam bidang pangan. Pangan, kata dia, menjadi salah satu bentuk ketahanan nasional selain energi dan air. “Adanya pola pendampingan dalam pengembangan tanaman organik ini akan memacu petani lebih mandiri,”jelasnya. Kepala Dinas Pertanian Pangan Pemkab Demak, Ir Wibowo mengatakan, upaya Toyota membantu petani di Desa Mlaten diharapkan dapat ditularkan ke desa lainnya. "Dengan demikian, petani makin sejahtera," kata dia. (hib/smu)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar