3 Tanggul Jebol, 7 RW Terendam
BERITA TERKAIT

SEMARANG-Hujan lebat yang terjadi Rabu (28/9) dini hari hingga pagi kemarin, membuat tiga kelurahan di Kecamatan Tugu, Semarang kembali terendam banjir. Banjir kali ini lebih parah lantaran tanggul Sungai Beringin kembali jebol hingga merendam tujuh RW di tiga kelurahan, yakni Mangkang Wetan, Mangunharjo, dan Mangkang Kulon.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang, banjir merendam rumah warga setelah tanggul darurat di RW 5 Kelurahan Mangkang Wetan yang belum diperbaiki secara permanen kembali jebol. Sebelumnya, tanggul tersebut telah jebol hingga merendam sekitar 70 rumah warga setempat. Sebagai antisipasi sementara, tanggul ditutup dengan tumpukan karung berisi pasir.

Selain itu, banjir kemarin juga diperparah dengan jebolnya tanggul di wilayah RW 3, yang mengakibatkan ratusan rumah dan areal persawahan terendam banjir setinggi 20 hingga 50 sentimeter.

"Tanggul di RW 3 Kelurahan Mangkang Wetan jebol sepanjang 20 meter, kemudian tanggul sementara di RW 5 juga kembali jebol hingga memperparah banjir di Kecamatan Tugu dan merendam 7 RW di tiga kelurahan," jelas Camat Tugu HM Yenuarso kepada Jawa Pos Radar Semarang di sela melakukan pantauan bersama Wali Kota Hendrar Prihadi.

Dia menjelaskan, banjir memang sering merendam daerahnya. Terlebih dua sungai besar yang ada, yakni Sungai Beringin di Kelurahan Mangkang Wetan dan Sungai Plumbon di Kelurahan Mangkang Kulon, mengalami pendangkalan akibat tingginya sendimentasi. Selain itu, dua sungai ini di bagian mengalami penyempitan, sehingga jika hujan lebat air mudah meluap.

"Sendimentasi sungai cukup tinggi. Apalagi di bagian muara sungai mengalami penyempitan," paparnya.

1
2
3
4

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar