Habiskan Rp 70 Juta, 16 Rumah Nikmati Gas Gratis

Warga Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Semarang tidak khawatir dengan isu kelangkaan tabung gas subsidi 3 kg. Mereka telah memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas sebagai bahan bakar kompor untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti apa?

 

AJIE MAHENDRA

BAHAN bakar biogas tersebut merupakan hasil kerja Kelompok Tani Air Bening, Kelurahan Wates RT 3 RW 1. Awalnya, kelompok tani ini hanya mengelola sapi perah untuk diambil susunya. Sedangkan kotoran ternaknya hanya dimanfaatkan untuk kompos. Tapi, karena pengolahannya terlalu rumit dan lakunya tidak seberapa, akhirnya mereka mencari inovasi lain.

Setelah mencari informasi, pada 2012, tercetus pengolahan kotoran sapi menjadi bahan bakar biogas yang bisa dimanfaatkan untuk menyalakan kompor.
Hingga sekarang, ada 16 rumah yang menikmati gas gratisan tersebut.

Ketua Kelompok Tani Air Bening, Marsudi bercerita, ide pembuatan biogas dari kotoran sapi diperoleh dari para kelompok tani, dan teknisi dari Boyolali yang telah menerapkannya. Instalasi yang diperlukan cukup mudah. Hanya perlu dua tabung penyimpanan yang dipendam di bawah kandang sapi.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar