Pembobol BPR Terekam CCTV

SEMARANG - Seorang pria berambut gondrong terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) melakukan pembobolan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Weleri Makmur di Ruko Gayamsari 17-20, Jalan Majapahit Semarang.

Pria tersebut menggondol sedikitnya 9 unit laptop, 5 telepon genggam, 2 kamera digital dan iPad 4. Ia merangsek masuk dengan cara merusak pintu teralis di bagian belakang kantor tersebut. Kasus ini dilaporkan oleh Legal Senior BPR Weleri Makmur, Fajar Hidayat, warga Elangsari Utara I/ R-25, Mangunharjo, Tembalang, di Mapolrestabes Semarang, Jumat (29/7).

”Kali pertama, pencurian ini diketahui oleh saksi, Edi Marwanto, salah satu karyawan BPR yang ditugasi membawa kunci kantor, pada Kamis (28/7), pukul 07.00,” kata Fajar saat memberi keterangan kepada petugas di Mapolrestabes Semarang.

Saat itu, saksi Edi Marwanto datang bermaksud membuka pintu kantor. Ketika mengecek di pintu bagian belakang kantor tersebut, ia terkejut mendapati pintu teralis dalam kondisi rusak. Kejadian tersebut langsung dilaporkan oleh Edi kepada Fajar. Keduanya lantas mengecek barang-barang berharga di dalam kantor. Ternyata benar, ruang kantor dalam kondisi acak-acakan dan mendapati sejumlah barang raib. ”Kami langsung mengecek CCTV yang terpasang di ruang tersebut, tepatnya pukul 22:45:36, terekam ada seorang pria berambut gondrong berada di ruangan,” katanya.

Barang bukti rekaman CCTV tersebut diserahkan kepada pihak kepolisian untuk bahan penyelidikan. Berdasarkan analisis rekaman CCTV, pelaku diduga seorang ’preman’ yang kerap berkeliaran di daerah tersebut. ”Pria tersebut mengacak-acak isi ruangan. Wajahnya terlihat jelas,” ungkapnya.

Pelaku membawa kabur sejumlah barang berharga, yakni 9 unit laptop, 5 handphone, 2 kamera digital dan iPad 4. Dikatakan Fajar, di dalam 9 laptop tersebut terdapat file berisi data-data penting. ”Di antaranya data pelayanan kredit dan survei nasabah,” imbuhnya.

Meskipun kecurigaan siapa pelaku telah ada, pihaknya menyerahkan penyelidikan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Ia berharap, tim kepolisian segera mengungkap kasus ini dan meringkus pelaku. Sementara itu, tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang saat ini masih mengumpulkan keterangan sejumlah saksi dan barang bukti. Termasuk mempelajari rekaman CCTV untuk mengungkap pelaku pencurian yang meresahkan tersebut. (amu/zal/ce1)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar