Penghuni Rutan Salatiga Dirazia

SALATIGA - Tim gabungan yang terdiri dari petugas rumah tahanan (rutan) Salatiga, TNI dan Polri merazia seluruh sel tahanan narapidana, kemarin mulai pukul 14.00. Meski tidak menemukan narkoba sebagai target razia, namun petugas mengamankan sejumlah barang yang dilarang disimpan narapidana dari dalam ruang tahanan.

Barang-barang tersebut langsung disita petugas. Antara lain korek api, gunting, obat-obatan, uang dengan nilai lebih dari Rp 50 ribu dan alat pemotong kuku.

Kepala Rutan Klas II B Salatiga Yunengsih menyatakan, razia ini merupakan salah satu bagian dari upaya pengawasan terhadap narapidana dan pencegahan peredaran serta penyalahgunaan narkoba di lingkungan Rutan Salatiga. Ini sudah menjadi agenda rutin petugas rutan Salatiga.

"Selain melakukan pengawasan ketat terhadap narapidana, kami juga melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap semua pengunjung napi dan tahanan. Ini upaya preventif kami untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di rutan Salatiga," katanya.

Dijelaskan dia, petugas akan terus melakukan pengawasan internal untuk mengantisipasi peredaran narkoba dan barang terlarang lainnya di dalam rutan. "Jika ada napi atau tahanan yang kedapatan memiliki barang larangan, maka yang bersangkutan langsung kami sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya. (sas/ton)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar