Jadikan Sepatu Kotor sebagai Peluang Bisnis

SALAH satu kunci menjadi pengusaha sukses adalah bisa membaca dan memanfaatkan peluang yang ada. Hal tersebut diterapkan Arnicka Al Umasita, pemilik dua store clean shoes and bag ini. Berawal dari pengalaman pribadinya yang kesulitan mencuci koleksi sepatu dan tas, dara kelahiran Semarang 1994 ini pun memiliki ide membuka usaha laundry sepatu dan tas.

”Aku punya koleksi sepatu dan tas, kan pada kotor, mau nyuci bingung gimana caranya. Karena kebetulan ada yang berbahan bludru dan suede. Jadi takut rusak kalau salah nyuci. Akhirnya aku belajar sedikit demi sedikit, sambil tanya-tanya,” kata Arnicka yang saat ini memiliki store clean shoes and bag di Semarang dan Jogjakarta ini.

Bagi sebagian orang mencuci sepatu atau tas memang terlihat sepele dan mudah. Padahal ada beberapa jenis bahan sepatu atau tas yang tidak bisa dicuci asal-asalan. Butuh treatment khusus agar tidak rusak. Apalagi barang-barang tersebut branded dan mahal. Dari situ Arnicka mencoba menjadikan jasa cuci sepatu dan tas sebagai bisnis.

Gadis cantik yang berulang tahun setiap tanggal 10 Juli ini mulai menggeluti jasa laundry sepatu dan tas sejak 2015. Saat itu belum banyak orang yang paham mengenai usahanya. Ya, awalnya alumnus SMK Negeri 8 Semarang ini hanya menerima jasa cuci sepatu dan tas secara online. Usahanya ternyata mendapat respons positif dari konsumen. Merasa semakin banyak peminatnya, akhirnya Arnicka memberanikan diri membuka store.

”Dulu belum banyak yang membuka jasa clean shoes and bag seperti ini. Tapi sekarang banyak pesaingnya. Tinggal pinter-pinternya kita mengembangkan usaha di tengah persaingan,” terang pemilik store Shining Shoes dan café Wedang Lan Kopi di Jalan Kusumawardani, Semarang ini. (zal/ida/ce1)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar