Bupati Minta Pelaku Usaha Kreatif

KENDAL—Bupati Kendal Mirna Annisa meminta agar pelaku usaha di Kendal bisa kreatif. Sehingga bisa menciptakan produk yang dapat menjadi ciri khas asli Kendal.

Hal tersebut disampaikan Mirna saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Jambore Tekno Preneur Muda Pemula, di Pendopo Agung, Senin (25/7) kemarin. “Produk khas daerah, saya kira akan menjadi pioner. Sehingga pelaku usaha di Kendal bisa menjadi magnet bagi masyarakat luas,” katanya.   

Dalam seminar yang diikuti 200 peserta, Mirna mengatakan jika Kendal memiliki potensi yang luar biasa yang tidak dimiliki daerah lain. Namun belum digarap dengan optimal, sehingga tidak banyak dikenal masyarakat. “Seperti jambu merah, kopi dan teh, serta hasil tangkapan ikan laut dan tambak yang melimpah,” tandasnya.

Makanya, terobosan-terobosan perlu dilakukan pemerintah, seperti memberikan pelayanan dan pengurusan perizinan yang mudah. “Mulai September nanti, untuk pelayanan perizinan bisa maksimal satu hari selesai," ujarnya.

Terkait dengan pemasaran produk UMKM, Bupati Mirna mengatakan siap membatu dalam penataan untuk tempat-tempat pemasaran. Sedangkan dalam mencari pangsa pasar, pihaknya siap membantu mempromosikannya.

Pungky Kusuma Hidayat, konsultan bidang pariwisata sebagai salah satu pemateri mengatakan jika untuk membangun usaha yang sukses memang tidak mudah dan tidak dapat dicapai dalam waktu singkat. Kadang bisa memerlukan proses waktu bertahun-tahun. Untuk itu, harus sabar dan tidak putus asa. “Makanya harus terus membangun rasa percaya diri, sehingga terus bangkit saat gagal,” tandasnya. (bud/ida)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar