Warga Minta Peternakan Ayam Ditutup

Kepala BPMPTSP Kabupaten Semarang, Valeanto Soekendro mengatakan keberadaan peternakan ayam di Kesongo Lor memang belum mengantongi izin, baik izin gangguan, IMB maupun izin usaha peternakan. “Kami sudah merekomendasikan ke Satpol PP agar ditutup. Sebab kewenangannya ada di sana (Satpol PP),” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto mengatakan Satpol PP dapat memberikan surat peringatan terlebih dahulu terhitung selama 21 hari mulai peringatan pertama hingga ketiga sebelum akhirnya ditutup. Sehingga Satpol PP bisa menutup bila usaha peternakan yang sudah beroperasi 10 hari itu tetap berjalan.

“Saya beri solusi agar warga memberikan toleransi sampai 35 hari terhitung sejak usaha peternakan beroperasi, karena Dinas Peternakan menyampaikan ayam bisa dipanen umur 35 hari supaya pengusaha tidak rugi. Artinya warga memberi toleransi waktu 4 hari,” kata Bambang.

Menurut Bambang, warga sepakat peternakan ditutup dalam waktu 21 hari sejak peringatan pertama diberikan Selasa (26/7). “Ketika saya beri solusi soal toleransi waktu, warga diam saja. Kewenangan menutup ada di Pemkab Semarang,” ujarnya. (ewb/ida)

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar