Rob Pantai Sendang Sikucing Makin Parah

KENDAL — Kawasan wisata Pantai Sendang Sikucing semakin sepi pengunjung. Salah satu penyebabnya, pantai yang terletak di Kecamatan Rowosari itu kini kerap dilanda rob.

Pengelola Pantai Sendang Sikucing, M. Rozi mengatakan, jika rob sudah melanda kawasan wisata pantai sejak 2008. Namun akhir-akhir ini semakin parah karena hampir mencapai ke pintu gerbang masuk kawasan wisata. Hal tersebut membuat wisatawan enggan datang. ”Jika tidak ditangani segera, bisa-bisa rob menggenangi seluruh kawasan wisata ini. Bisa membuat Pantai Sendang Sikucing yang selama ini sebagai tempat wisata akan lenyap,” katanya, kemarin.

Menurut Rozi, selama ini belum ada upaya pemerintah untuk menangani rob. Bahkan saat ini abrasi di kawasan pantai sudah terlihat parah di mana bibir pantai semakin menjorok ke daratan. ”Bibir pantainya setiap tahun semakin ke daratan akibat abrasi,” tandasnya.

Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) itu juga menyebut, jika air rob yang masuk ke kawasan wisata tidak dapat keluar lantaran letaknya yang lebih rendah dari lautan. Untuk mengatasinya, pihaknya bersama dengan nelayan sekitar melakukan pembuatan selokan agar air rob dapat mengalir kembali ke pantai. ”Jika tidak dibuatkan saluran air, maka air rob akan terus menggenangi kawasan wisata,” ulasnya. Dirinya berharap kepada pemkab untuk menangani masalah rob tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwasata, Agus Rifai menyatakan, penanganan rob membutuhkan anggaran hingga puluhan miliar. Yakni dengan membangun sabuk pantai dan penanaman tanaman bakau atau mangrove. ”Kalau anggaran dari pemkab tentu tidak mencukupi, makanya kami sedang usulkan ke pemprov dan pusat agar segera bisa ditangani. Sebab masalah rob ini tidak hanya melanda wilayah Rowosari, tapi permasalahan nasional,” tandasnya. (bud/zal/ce1)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar