Catur Optimistis Medali Emas
BERITA TERKAIT

SEMARANG- Tim Catur Siwo PWI Jateng terus menjalani pematangan menjelang turun di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan digeber di Bandung, 25-30 Juli 2016 mendatang.  Empat pecatur saat ini berlatih secara intensif di bawah asuhan Pelatih Yusuf Hermawan, mereka adalah Didik Wiyono, Isheru, Djamal AG dan Sucito. Beberapa waktu lalu keempatnya juga berkesempatan untuk menambah jam terbang di beberapa kejuaraan.

“Saya kira kami sudah siap untuk turun di Porwanas 2016. Besok setelah temu teknik, pelatih akan mulai menyusun strategi. Dan yang jelas progres positif ditunjukkan pecatur selama masa persiapan ini,” terang Manajer catur Porwanas Jateng, Syahrul Qirom.

Tak tanggung-tanggung, Syahrul menegaskan akan menyiapkan bonus bagi pecatur Jateng yang berhasil menyumbang medali emas di Porwanas besok,”Untuk jumlahnya berapa masih kami rahasiakan. Yang penting kami meminta semua atlet harus tampil fight selama Porwanas besok,” sambungnya.

Sementara pelatih Jateng, Yusuf Hermawan menambahkan, untuk tahap awal persiapan beberapa waktu lalu pihaknya juga telah memberikan pemahaman mengenai aturan-aturan baru yang harus diikuti para pecatur.

Menurutnya, hal ini sangat penting dalam sebuah pertandingan. Seperti tidak boleh salah mengambil bidak catur, salah melangkah dan lain-lain. Bila melanggar, dapat berisiko membuat peserta menjadi gugur. "Pada dasarnya, para pecatur sudah tahu, kami hanya mengingatkan saja. Pasalnya, kesalahan-kesalahan ini sering terjadi dalam sebuah pertandingan dan merugikan pemain sendiri. Saya tidak ingin hal ini terjadi pada pemain Porwanas Jateng," kata Yusuf kemarin.

Porsi latihan teknik dalam mematikan lawan juga terus diasah. Di Porwanas mendatang pecatur tersebut akan turun di empat nomor, yakni catur perorangan cepat dan kilat. Kemudian beregu cepat dan kilat.  "Nanti kami akan tentukan spesialiasi masing masing pecatur. Ini untuk memaksimlkan program latihan demi mendulang medali di ajang Porwanas. Kami harus bisa mengharumkan nama Jateng di ajang tersebut," Master Nasional tersebut. (bas/smu)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar