Libatkan Kakak Kelas dalam MPLS
BERITA TERKAIT

UNGARAN – Permendikbud No 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru belum sepenuhnya ditaati oleh sekolah di Kabupaten Semarang. Keterlibatan kakak kelas secara penuh dan langsung dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) siswa baru masih dijumpai.

Seperti yang terpantau pada hari pertama MPLS di SMAN 1 Ungaran kemarin. Ratusan siswa baru sekitar pukul 11.00 mengikuti kegiatan dalam ruang kelas sesuai gugus atau kelompoknya.

Di tiap-tiap ruang kelas, para siswa baru yang mengenakan pakaian SMP asal diberi pengarahan oleh dua kakak kelasnya yang tergabung di OSIS. Tidak terlihat adanya guru yang mendampingi kegiatan pembekalan tersebut.

“Hari ini (kemarin) baru kegiatan pra-MPLS, pembekalan untuk acara hari Kamis (21/7). Hari selasa penampilan ekstra, game luar sekolah, inagurasi tiap gugus Ini tadi persiapan untuk maskot sesuai nama gugusnya, diambil dua siswa baru, cowok dan cewek,” tutur Andika, siswa kelas XI yang meng-handle siswa baru Gugus Hanoman, Senin (18/6).

Sementara itu, Koordinator MPLS dari OSIS, Wulan mengatakan keterlibatan pihaknya atas permintaan guru dan hanya sebatas membantu. Seperti membantu mengenalkan lingkungan sekolah, termasuk membantu menunjukkan ruang kelas siswa baru hingga menyosialisasikan organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Ungaran. “Kami hanya membantu pihak guru karena guru pada jam ini ada acara dan sebagian urusi siswa kelas XI dan XII,” katanya.

Dalam perbantuan tersebut, para senior sudah diperingatkan agar memperlakukan adik kelasnya secara baik. “Tidak ada bentak-bentak atau tidak bawa atribut yang neko-neko,” katanya. Di sekolah lain yaitu SMPN 1 Ungaran, keterlibatan kakak kelas dalam kegiatan MPLS siswa baru dilakukan secara tidak langsung.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar