15 Tahun Jalan Rusak Berat

UNGARAN- Kondisi jalanan di wilayah Desa Bendungan, Kecamatan Pabelan sudah sangat darurat. Jalan makadam sepanjang 1,5 km dengan lebar 3 meter itu seluruhnya mengalami kerusakan. Jalan tersebut menghubungkan tiga desa, yakni Desa Bendungan, Desa Semowo, dan Desa Karang Gondang.

Kepala Desa Semowo, Hendro Wahyono, mengatakan, rusaknya fasilitas umum tersebut bila dibiarkan tidak saja rawan kecelakaan, tapi lebar jalan juga akan menyempit.

“Tidak hanya jalan yang rusak parah, di jalur itu juga ada jembatan darurat terbuat dari kayu glugu (pohon kelapa) yang kondisinya sudah oglak-aglik, dan hanya sopir pemberani yang mau melewati jembatan itu,” kata Hendro, Minggu (17/6).

 Padahal, jalan kabupaten tersebut sudah tiga kali diusulkan di Musrenbangdes, akan tetapi hingga kini tidak diketahui kejelasannya. Perbaikan terakhir jalan tersebut pada 2001 silam atau sudah 15 tahun.

 “Pada 2016 ini, kami bersama dua desa, yakni Desa Semowo dan Karang Gondang mengusulkan lagi melalui Musrenbangdes. Usulan perbaikan jalan itu kami jadikan prioritas utama. Tapi usulan itu tetap saja hilang di kebijakan tingkat di atas,” keluhnya.

Hendro menambahkan, siapapun yang melewati jalur itu, selain risikonya jatuh, kendaraannya juga dipastikan cepat rusak, karena kondisi jalan yang tingkat kerusakannya sangat parah. Bahkan, lanjutnya, jika Pemkab Semarang menganggarkan perbaikan jalan ini, maka masyarakat di tiga desa siap berswadaya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar