Populasi Enceng Gondok Tak Terkendali
BERITA TERKAIT

UNGARAN–Bupati Semarang Mundjirin mengingatkan kembali para pemangku kepentingan supaya terpadu melakukan penyelamatan Rawa Pening dari ancaman sedimentasi total. Sebab saat ini, permukaan rawa dipenuhi enceng gondok yang tumbuh kembangnya kian tak terkendali.

“Kondisi itu menyebabkan tingkat laju pendangkalan rawa semakin tinggi dan debit air semakin menurun,” kata Mundjirin, Jumat (15/6) kemarin. Apalagi, saat ini tengah dilaksanakan Festival Baruklinthing yang diselenggarakan di kompleks Wisata Bukit Brawijaya di tepi Rawa Pening.

Menurut Mundjirin, hal tersebut bisa menjadi titik awal langkah bersama untuk segera menyelamatkan Rawa Pening. “Jika kondisi seperti sekarang berlanjut, bukan tidak mungkin 50 tahun lagi bisa menjadi daratan,” katanya.

Mundjirin mengingatkan bahwa penyelamatan Rawa Pening telah menjadi agenda nasional. Sebab berdasarkan rekomendasi Konferensi Nasional Danau Indonesia II tahun 2009 lalu, Rawa Pening termasuk salah satu dari 15 danau di tanah air yang mendapat prioritas untuk diperbaiki ekosistemnya.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Semarang Partono, Festival Baruklinthing diselenggarakan juga sebagai salah satu upaya promosi potensi pariwisata Kabupaten Semarang. “Masyarakat sekitar objek wisata kami libatkan untuk meningkatkan mutu usaha ekonomi kreatif yang berkaitan dengan pariwisata,” terangnya.

Selain itu, Festival Baruklinthing juga mengundang pelaku pariwisata dari Kabupaten/Kota sekitar untuk ikut serta mempromosikan pariwisata dan usaha wisata di daerahnya. Tercatat ada lima Kabupaten/Kota yang ikut serta membuka stand pameran di lokasi festival.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar