Mahasiswa Diminta Efektifkan Dana Desa
BERITA TERKAIT

UNGARAN–Bupati Semarang, Mundjirin berharap agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah untuk memutus rantai kemiskinan di desa. Melalui pengefektifan dana desa.

Hal itu dikatakan oleh Mundjirin saat menerima mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Undip Tim II tahun 2015/2016 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Rabu (13/7) kemarin. “Kemiskinan, rendahnya pendidikan dan mutu kesehatan serta pengangguran di desa seperti lingkaran setan tak berujung yang membelenggu warga,” kata Mundjirin.

Dengan kehadiran para mahasiswa KKN dan didukung program dana desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat, diharapkan kemiskinan dan pengangguran dapat ditekan. Seperti diketahui, pada tahun 2016 ini pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi akan mengucurkan dana desa senilai Rp 46,98 triliun untuk 74 ribu desa di tanah air. Setiap desa, rata-rata akan menerima antara Rp 600 juta hingga Rp 800 juta.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip Semarang, Heru Susanto menegaskan para mahasiswa yang melaksanakan KKN di desa dapat diajak untuk mengefektifkan penggunaan dana desa. Sebab para mahasiswa telah memiliki ilmu pengetahuan dari kampus dan telah memiliki bekal khusus yang diberikan menjelang pelaksanaan KKN. “Saya yakin program KKN ini akan sangat efektif jika disinergikan dengan program pemanfaatan dana desa,” ujarnya. (ewb/ida)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar