Motor Honda Optimistis Tetap Market Leader
BERITA TERKAIT

SEMARANG - Penjualan sepeda motor Honda hingga akhir tahun ditarget mencapai 538 ribu unit. Meski kondisi ekonomi kurang mendukung, Honda motor Jawa Tengah tetap optimistis  akan menjadi market leader.     

Marketing Region Head Astra Motor Jawa Tengah , Sukamto Margono, mengungkapkan, lebaran penjualan motor Honda naik sekitar 31-32 persen. Penjualan diperkirakan mencapai sekitar 57 ribu unit saat lebaran. "Respons pasar motor Honda sangat positif, walaupun faktor cuaca yang kurang bersahabat di Jawa Tengah. Namun kami optimistis  tidak akan mempengaruhi penjualan. Nyatanya penjualan motor di Jawa Tengah tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi yang lesu," tegas Sukamto Margono, kemarin.     

Dijelaskan dari target penjualan motor 538 ribu unit, matic tetap menguasai pasar.Dari total angka penjualan tersebut, motor tipe matic memberikan kontribusi  sekitar angka 80 persen.    

Setelah matic, penjualan yang berkontribusi cukup besar adalah motor sport yang merupakan pasar baru di Honda. “Tahun ini Honda akan lebih fokus untuk memasarkan motor sport, sedangkan untuk tipe cub, diakui mengalami penurunan seiring berkembangnya model matic," tambahnya.       

Sementara itu guna mendukung penjualan motor Matic,  PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan program "BeAT Pesta 10 Juta" untuk mengapresiasi kesetiaan dan kepercayaan konsumen yang telah memilih Honda BeAT sehingga penjualannya mencapai 10 juta unit. Program ini digelar secara serentak di seluruh jaringan sepeda motor Honda di Tanah Air pada 1 Juni – 31 Juli 2016. AHM menyiapkan beragam hadiah menarik untuk konsumen yang membeli Honda BeAT pada periode tersebut, ‎mulai 10 keping emas 100 gram, 100 unit motor Honda BeAT eSP tipe cast wheel (CW) hingga 1.000 tabungan senilai Rp 1 juta.‎       

General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan kepercayaan konsumen terhadap Honda BeAT telah mengantarkan Honda menjadi "raja skutik" di pasar domestik. Program promosi ini diharapkan dapat mengapresiasi loyalitas konsumen sekaligus membantu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap sepedamotor Honda. “Program ini sudah berjalan mendapat  konsumen luar biasa. Mereka antusias mengikuti program ini. Akhir bulan Juni ini kami estimasi penjualan BeAT akan naik sekitar15 persen dari penjualan bulan sebelumnya. Tentu ini akan mendongkrak penjualan skutik Honda,” tegasnya.      

Berdasarkan data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Honda BeAT series telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia sehingga dengan mencatatkan penjualan sebanyak 756.204 unit pada Mei 2016 atau menjadi tulang punggung dengan menyumbang 50,49 persen dari penjualan skutik Honda sebanyak 1.521.335 unit. Model ini bahkan berkontribusi hingga 39,42persen dari total penjualan skutik nasional. Penjualan model ini sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2008 hingga saat ini tercatat sebanyak 10.872.503 unit. Penjualan 10 juta ini dibukukan pada. Februari 2016, sekaligus mengukuhkan Honda BeAT sebagai skutik terlaris di dunia. (tya/smu)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar