Tanamkan Prinsip Egaliter di Keluarga

ZAID meyakini bahwa pencapaiannya saat ini sebagai kepala Ombudsman tak lepas dari doa dan dukungan semua kalangan. Terutama doa orang tua, orang-orang yang pernah ia bantu, dan keluarganya. Dan sosok istrinya, Khoiriyah, telah menguatkan langkahnya. turut berperan dalam menemani perjalanan karirnya mulai dari nol. Selalu mendukung segala upayanya memperjuangkan hak masyarakat.

”Kalau saya tidak memiliki istri yang tangguh, saya tidak akan bisa kemana-mana ketika bertugas di ombudsman,” kata Zaid memberikan penghargaan kepada sang Istri.

Diakuinya, menjadi kepala Ombudsman RI Perwakilan Jateng membutuhkan banyak waktu pria yang kini disibukkan aktivitas mengajar hukum pidana di Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Hampir seluruh waktunya ia fokuskan untuk pekerjaan.

”Memang sangat menyita waktu, jadinya saya maksimalkan Sabtu Minggu untuk keluarga. Sempat ada protes, karena anak kami masih kecil-kecil. Masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Kami tidak pernah punya pembantu, kami melakukan semua sendiri. Meski begitu, mereka saya ajak dialog bahwa ini semua untuk kemanfaatan yang lebih besar. Akhirnya mereka memahami,” jelas Zaid.

Pria yang pernah menjadi ketua Panwaslu Kota Demak pada 2009 silam ini selalu mengajarkan anaknya untuk mencari keberkahan dan berusaha untuk berguna bagi sesama. Bahkan karena prinsip tersebut, ia menarik anaknya dari sekolah favorit pindah ke madrasah. Lantaran sekolah tersebut tidak berada dalam track yang benar.

”Saya tidak ingin anak saya pintar, tapi saya ingin anak saya sekolah biar berkah. Saya tegas orangnya, tapi dalam memberikan nasihat atau masukan, saya kondisikan se-egaliter mungkin, sehingga mereka selalu bisa memahaminya. Saya tidak pernah melarang anak saya memiliki pilihan,” ujarnya.

Meskipun banyak rekan yang menganggap bahwa cara yang dilakukan Zaid terlalu keras, namun tidak baginya. Apalagi ia selalu membina hubungannya dengan keluarga seperti layaknya teman. Hal inilah yang menjadikan komunikasi terjalin dengan baik di dalam keluarganya. (sigit.andrianto/ida.nor.layla)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar