Hari Lebaran saat Kita Berintrospeksi

Oleh: Djawahir Muhammad

TAQOBBALALLAHU minna wa minkum, minal aidin wal faizin! Demikian diucapkan umat Islam di seluruh dunia pada Rabu, 6 Juli 2016, besok. Ada yang saling menggenggam telapak tangan erat-erat, ada yang saling memegang pundak, ada pula yang saling mencium  sambil berurai air mata!

Ya, dua hari lagi Hari Raya Idul Fitri 1437 H akan tiba, hari di mana sesama manusia saling meminta dan memberi  maaf, hari di mana sebagian besar umat manusia akan menerima hadiah dari Allah Ta’ala. Hadiah itu adalah menerima pengampunan atas segala dosanya. Kembali pada fitrahnya yang suci dari dosa, setelah ”dicuci”  melalui  puasa selama bulan Ramadan!

Ya, hakikat Hari Raya Idul Fitri sejatinya adalah kembali menjadi ”manusia baru” secara rohani, bukan hanya bermetamorfosis melalui pakaian baru atau hal-hal ragawi lainnya.

Alhamdulillah, pada 2016 ini tak terjadi perbedaan mengenai penentuan 1 Syawal 1437 H. Hampir semua umat Islam sepakat bahwa awal dan akhir bulan Ramadan tahun ini jatuh pada hari yang sama. Kegembiraan bersama yang sangat menggembirakan, seperti juga  kebahagiaan pegawai negeri yang menerima gaji ke-13 dan ke-14, atau mereka yang menerima THR, atau mereka yang mampu membayar dan menerima zakat. Semua diharapkan berbahagia pada hari yang fitri ini. Baik bagi mereka yang tangannya di atas, maupun mereka yang tangannya ada di bawah. Allahu akbar!

Bagi orang Semarang, Hari Raya Idul Fitri merupakan kesempatan seluruh keluarga berkumpul. Kalau ada keluarga yang  jauh, mereka akan mudik barang beberapa hari di rumah induk untuk bersilaturahmi, utamanya dapat  nyekar ke makam leluhur. Syukur kalau ada kelebihan rezeki, dapat dibagi-bagikan kepada  para  keponakanatau dihaturkan kepada  orang tua. Mereka rela berebut tiket pesawat, kereta api, atau kapal laut agar dapat bereuni dengan anggota keluarga. Atau berimpitan dalam mobil, berpanas dan berhujan di atas motor, demi memperoleh pangestu dan maaf dari orang tua dan para saudara.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar