Telkomsel Pastikan Jaringan Aman
BERITA TERKAIT

SEMARANG–Telkomsel memastikan jaringannya telah aman dalam menyambut trafik Ramadan dan Lebaran. Kondisi tersebut telah dibuktikan melalui serangkaian drive test mulai dari Jakarta ke Semarang dan Surabaya ke Semarang yang merupakan jalur utama mudik Lebaran, pada Rabu (18/5) lalu.

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan bahwa masa Ramadan dan Lebaran dipastikan akan terjadi kenaikan trafik yang sangat signifikan. Lonjakan trafik akan terjadi hingga 25 persen, baik untuk layanan voice, data, maupun SMS.

"Kenaikan trafik komunikasi selama Ramadan dan Lebaran diprediksi mencapai 5-15 persen untuk SMS dan voice, serta 15-25 persen untuk layanan data yang diperkirakan menembus 2.700 Tera Byte," katanya dalam pemaparan hasil Uji Jaringan Telkomsel sepanjang jalur mudik utama pantura Jawa, di Hotel Novotel Semarang.

Menurutnya, dengan adanya tren kenaikan trafik, pihaknya telah melakukan persiapan jauh-jauh hari dengan melakukan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan, Visitor Location Register (VLR) atau kecukupan kapasitas data tampung pelanggan. Bahkan, sepanjang jalur mudik di pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 40-60 persen, seperti di Jawa Barat 41 persen, Jateng 42 persen, Jatim 60 persen, dan Sumatera Selatan sebesar 59 persen. "Langkah ini akan sangat membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel," imbuhnya.

Disisi lain, Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 809 hotspot yang meliputi, bandara, terminal bus, stasiun KA,dermaga, rumah sakit, area padat populasi dan juga pasar serta mal.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, lanjutnya, Telkomsel juga akan menyiagakan sebanyak 76 unit Compact Mobile Base sTation (COMBAT). Adapun pada masa Lebaran, pelanggan telkomsel akan dilayani oleh 116.000 BTS di berbagai penjuru Indonesia, dimana sekitar 57 persen  di antaranya merupakan BTS Broadband 3G dan 4G yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 776 Gpps. "Kebutuhan komunikasi masyarakat terus meningkat tiap tahunnya, terutama pada layanan data yang penggunanya meningkat melebihi 100 persen di tahun 2015," jelasnya.

Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid menambahkan, dari sisi pelayanan Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi hotspot, yang telah teridentifikasi, agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu, selama periode Ramadan dan Lebaran, Telkoimsel juga melakukan berbagai program, diantaranya 4G Ramadan Fair, Mudik bareng, dan juga program Loyality bagi pelanggan. (aln/ida)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar