Ajak Dosen Ikuti Workshop Clay Modeling

BANDUNG - Puluhan dosen dari perguran tinggi di Indonesia yang mengajar desain grafis, kemarin mendapatkan pelatihan workshop clay modeling dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Workshop “360 degree of Model Making in Automotive Industry” ini sebagai wujud kontribusi pada pengembangan pendidikan, khususnya program studi Desain Produk Industri (DPI), selama 10 minggu di Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Bandung.

Pradipto Sugondo, Executive Officer R&D ADM mengatakan, selain workshop, ADM juga melakukan sharing dalam pembuatan desain purwarupa dengan bahan Industrial Clay. Workshop berlangsung dalam 10 kali pertemuan dengan penyampaian materi secara bertahap mulai dari sesi Basic Modeling Left Hand, Basic Modeling Right Hand, Basic Modeling Front & Rear LH, Quality Up, Body Detail Finished, Mirroring, Finishing All Body, Modification, Mirroring Front & Rear, dan Fitting Black Tape & Evaluation. "Sesi pertama kemarin,  materi workshop disampaikan oleh trainer Daihatsu dari Jepang, Hiroyuki Oyama selaku Consellor Clay Model Research & Development Daihatsu. Pada sesi awal ini, peserta mendapatkan teori penggunaan industrial clay secara interaktif, pengenalan alat-alat yang digunakan dan praktek Basic Modeling," jelasnya.

Praktek basic modeling sendiri, kata dia adalah praktek dengan menempelkan bahan clay ke model mobil Daihatsu dengan skala perbandingan 1:5 yang berbahan styrofoam yang telah disiapkan oleh tim ADM. "Dengan adanya worshop ini, dosen bisa menularkan kepada para  mahasiswa di perguruan tinggi masing-masing sehingga dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa program studi Desain Produk Industri di Indonesia," ungkapnya. (den/smu)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar