Dikunjungi 5 Ribu Orang per Hari
BERITA TERKAIT

SEMARANG – Sepanjang liburan panjang kemarin, tingkat kunjungan wisatawan ke Lawang Sewu cukup tinggi. Jika dirata-rata, terhitung ada 5 ribu pengunjung per harinya.

Manajer Museum Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sapto Hartoyo menuturkan, ikon wisata Kota Semarang ini memang sedang digemari wisatawan. Apalagi, setiap tahun selalu terlihat ada kenaikan jumlah wistawan. Mulai dari 2012 sebanyak 121.696 wisatawan, pada 2013 meningkat menjadi 234.206 wisatawan, 2014 400 ribu wisatawan, sementara untuk 2015 mencapai 688.991 wisatawan. ”Sampai periode April 2016, pengunjung Lawang Sewu tercatat sudah sebanyak 231.026 wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara dan ditargetkan mencapai satu juta hingga akhir tahun,” bebernya.

Ia menjelaskan berbagai pembenahan terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung Lawang Sewu. Seperti penyediaan fasilitas kesehatan dan ruang laktasi untuk ibu menyusui. ”Sebentar lagi akan ada perpustakaan. Kami sedang membangun perpustakaan yang nantinya berisikan buku-buku sejarah perkembangan perkeretaapian dan kemanfaatan secara heritage,” imbuhnya.

Perpustakaan itu lanjutnya, akan diisi buku-buku tentang perkeretaapian dengan versi anak-anak dengan banyak gambar dan kartun agar anak-anak tertarik membaca. Akan ada suasana edukatif dengan keberadaan buku-buku tersebut.

Revitalisasi sudah rampung dilakukan di seluruh bangunan bersejarah yang ada di Lawang Sewu, yakni Gedung A, B, C, D, dan E yang berdiri di atas luas lahan sekitar 14 ribu meter persegi. (amh/ric/ce1


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar